KONTROVERSI SMARTPHONE SAMSUNG NOTE 8 EDISI TERBATAS HANYA UNTUK OLIMPIADE PYONGCHANG YANG DIBAGIKAN SECARA GRATIS KEPADA PARA ATLET.

Image result for olimpiade pyeongchang 2018 

Olimpiade Musim Dingin Pyongchang yang diselengarakan di korea selatan menua kontroversi lantaran soal pembagian smartphone gratis samsung note 8 yang baru saja di luncurkan, dan edisi khusu hanya untuk olimpiade musim dingin pyongyang yang akan dibagikan khusus ke semua atlet yang bertanding di olimpiade tersebut. Kontroversi pertama dialami oleh 4 Atlet asal iran yang tidak kebagian smartphone edisi khusus yang dibagikan secara gratis tersebut. padahal bulan lalu, Samsung telah menyatakan akan memfasilitasi semua atlet dengan smartphone khusus yang akan bertanding di pyongchang 2018 Korea Selatan. APresiasi samsung ini sebagai pendorong para atlet untuk melakukan hal hal besar di olimpiade musim dingin, yang digelar di negaranya sendiri. "Para atlet tidak menerima ponsel ketika mereka tiba di di Korea Selatan, Alasan yang diberikan karena faktor sanksi", kata mahmoud Abdollahi sebagai juru bicara komite Olimpiade Iran. 



Kejadian tersebut menjadi lebih ribet, iran memutuskan memanggil duta besar korea selatan di negaranya untuk mengkonfirmasi dan menuntut permintaan maaf atas kejadian tersebut. " masalahnya atlet iran tidak diperlakukan sama dengan atlet lainnya, ini bertentangan dengan semangat permainan" imbuhnya lagi. Mendengar pemberitaan tersebut pihak samsung selaku penyelenggara Pyeongchang Organizing Comitee menolak berkomentar mengenai kejadian yang dialami oleh atlet iran. pada akhirnya, Komite Olimpiade International (IOC) memberikan empat smartphone premiun Samsung kepada atlet iran tersebut. Selain dari iran Korea Utara yang baru saja menyatakan keikut sertaan mereka dalam olimpiade Tahunan Pyongchang ini pun merasakan hal yang sama kepada 22 atlet mereka, yang tidak diberikan Smartphone note 8 dikarenakan sanksi yang di berikan kepada iran dan korea utara karena dituding mengembangkan senjata nuklir. sanksi internasional tersebut diberikan Oleh Amerika Serikat terhadap kedua negara tersebut. 

                                  
    
Sehingga pihak penyelenggara dilarang untuk menyediakan barang mewah atau product yang berpotensi digunakan untuk tujuan militer. Note 8 special Olimpiade musim dingin ini adalah edisi terbatas dan tidak dijual. Harganya bisa mencapai $1000 USD. Bahkan Ponsel yang akhirnya diberikan juga kepada korea utara hanya sebatas pinjaman tidak seperti atlet dari negara lain yang menjadi miliknya dan boleh membawa ponsel tersebut pulang ke negara asalnya. Korea Utara tidak, Mereka hanya sebatas pinjaman yang ponsel tersebut harus dikembalikan seusai mereka akan meninggalkan korea selatan setelah selesai menjalani semua acara Olimpiade Musim Dingin Pyongchang.